Monday, May 8, 2017

Kuliner Kota Salatiga : Bakpao Luber

http://berjutaresep.blogspot.com/2017/05/kuliner-kota-salatiga-bakpao-luber.html

Bakpao Luber Salatiga

Bakpao Luber Salatiga telah berdiri sejak tahun 1969 berlokasi di Jalan Sukowati No 5, Salatiga, Jawa Tengah Indonesia (0298) 321-388. Bakpao (tertulis di kemasan : bak paw) Salatiga merupakan toko penjual bakpao yang telah sangat dikenal di Salatiga bahkan toko ini telah dikenal luas di seluruh Indonesia sebagai toko penjual bakpao yang memiliki ciri khas dan lezat.



Bakpao, yaitu roti isi khas China yang bisa berisi daging, kacang hijau, kacang tanah, coklat, dll. Kata bakpao diserap dari bahasa Hokkian. Pao memiliki arti sebagai "bungkusan" dan "bak" adalah daging, jadi secara keseluruhan kata bakpao artinya "bungkusan berisi daging" walaupun dalam perkembangannya isi bakpao bisa sangat bervariasi seperti yang kita temui jika berkunjung ke Toko Bakpao Luber Salatiga.

Kulit bakpao secara umum terbuat dari adonan tepung terigu dan diberi ragi untuk membuat adonan mengembang. Setelah diisi dengan daging atau yang lainnya, adonan dibiarkan mengembang lalu dikukus sampai matang. Secara tradisional bakpao yang tanpa daging biasanya diberi dengan tanda berupa titik warna yang berbeda-beda sesuai dengan isinya, tetapi di jaman sekarang informasi mengenai isi bakpao sudah tercetak pada label yang ditempelkan pada bakpao. Pada bakpao yang tidak mencetak label, tanda berupa titik warna masih digunakan.

Untuk bakpao Luber Salatiga tersedia berbagai rasa mulai dari daging hingga kacang tanah, pembeli bisa memilih sesuai selera. Selain bakpao, tersedia juga kue Moho yaitu kue yang terbuat dari tepung terigu dan bertekstur padat. Bentuknya seperti ini :

Roti Moho
Roti/kue Moho disebut juga dengan kue hwat kwee merupakan adat kebiasaan suku Hokkian. Sekilas seperti bakpao, tetapi tanpa isi dan di atasnya ada hiasan warna (biasanya warna merah). Rasa dari kue moho lebih padat teksturnya, dan lebih manis.

Ciri khas bakpao Luber Salatiga yang membuatnya terkenal adalah isi bakpao yang cukup banyak, lebih banyak dari bakpao lainnya, sesuai dengan namanya "Luber" isi bakpao meluber hingga hampir ke kulit bakpao. Selain itu rasa yang dihasilkan lezat dan bertekstur pas di lidah.

Saat ini selain berada di Salatiga, bakpao Luber juga bisa didapatkan di kota Semarang.

Jika Anda berkunjung ke kota Salatiga, jangan lupa untuk mencoba bakpao spesial ini.



loading...


Semoga resep-resep dan info kuliner ini bisa membuat Anda dan keluarga semakin sehat dan berbahagia. Jangan lupa kunjungi www.berjutaresep.blogspot.com kembali untuk info resep dan kuliner terbaru.