Thursday, May 11, 2017

Resep Membuat Putu Tegal

http://berjutaresep.blogspot.com/2017/05/resep-membuat-putu-tegal.html

Putu Tegal

Kue Putu Tegal berbeda dengan kue putu yang biasanya berisi gula jawa yang lumer di dalamnya. Kue Putu Tegal berisi pisang dengan rasa manis dengan tekstur yang empuk dan lembut.




Kue putu Tegal dalam perkembangannya telah mengalami berbagai modifikasi dan variasi, selain yang secara tradisional berisi pisang, sekarang banyak putu Tegal yang berisi coklat,keju, kacang dsb.

Untuk resep versi tradisional, pisang yang digunakan adalah pisang raja karena pisang raja dikenal memiliki rasa manis yang alami. Taburan kelapa di penyajian putu tegal menambah cita rasa gurih dari kue putu tegal. Silakan dicoba resep berikut ini :
Bahan :
  • tepung ketan yang baru ditumbuk
  • pisang raja yang matang dan sudah tua benar
  • kelapa parut
  • gula pasir
  • sedikit garam

Cara Membuat Putu Tegal :

  1. Pisang raja dikupas, lalu dipotong menyerong panjang, tebalnya kira-kira 1/2 cm.
  2. Tepung ketan diadoni dengan sedikit air sampai menjadi adonan yang dapat dikepal (jangan terlalu lembek, adonan harus keras).
  3. Sediakan langseng, alasi dengan serbet, letakkan irisan pisang di atas serbet itu.
  4. Ayak tepungnya dengan ayakan kasar (ayakan putu) lalu tutup irisan pisang dengan tepung kira-kira 1jari tebalnya.
  5. Ratakan, kukus sampai matang, lalu potong persegi. Letakkan potong kue ini di delember daun pisang, letakkan terbalik sehingga pisangnya di atas.
  6. Taburi gula pasir dan parutan kelapa yang sudah dibumbuhi sedikit garam di atas putu.





Semoga resep-resep dan info kuliner ini bisa membuat Anda dan keluarga semakin sehat dan berbahagia. Jangan lupa kunjungi www.berjutaresep.blogspot.com kembali untuk info resep dan kuliner terbaru.