Thursday, June 29, 2017

Resep Bakwan Surabaya

http://berjutaresep.blogspot.com/2017/06/resep-bakwan-surabaya.html

Bakwan Surabaya

Setiap kali kita mendengar kata Bakwan, kita akan mengingat dua kota ini yaitu kota Malang dan Surabaya. Bakwan Malang dan bakwan Surabaya merupakan frasa yang melekat untuk jenis kuliner bakwan. Dalam resep kali ini kita akan mencoba membuat bakwan Surabaya.



Bakwan seperti halnya bakso adalah adonan daging dan tepung dengan komposisi tertentu yang dibuat dalam bentuk bola daging (meatball). Panganan jenis ini sudah sangat merakyat dan merupakan kuliner yang yang sangat dikenal oleh masyarakat.

Tetapi kata bakwan di beberapa daerah termasuk juga di wikipedia didefinisikan sebagai makanan gorengan yang terbuat dari sayuran dan tepung terigu. Kata bakwan sendiri berasal dari bahasa China yang artinya daging, sedangkan kata "wan" artinya bulat. Dan bakso juga disebut dengan bola daging. Oleh sebab itu bakwan juga diartikan sebagai nama lain dari bakso, yaitu bola daging, dan bentuknya juga sama.

Untuk tempat kuliner yang menyediakan bakwan yang terkenal adalah "Bakwan Tambaksari" Surabaya. Warung bakwan yang cukup legendaris ini terletak di depan gedung Stadion Gelora 10 November Surabaya (Jalan Tambaksari no 77). Selain bakwan Tambaksari, bakwan lain yang juga terkenal adalah Bakwan Kapasari yang bisa Anda datangi di Pasar Atom Surabaya tahap 5 jalan Bunguran 45 Surabaya. Atau di jalan Kapasari no 98 Surabaya. Selain bakwan, warung ini juga menyediakan usus dan juga bakwan goreng serta mie yang mirip dengan mie Medan.

Jika belum sempat berkunjung ke Surabaya, silakan dicoba untuk membuatnya di rumah dengan resep berikut ini yang merupakan versi bakwan gorengnya :
Bahan :
  • 200 gram daging sapi
  • 1 batang daun bawang, diiris halus
  • 1 batang seledri, diiris halus
  • 8 lembar kulit pangsit (beli jadi)
  • 200 gram mi basah
  • 6 buah bakso sapi
  • 2 gelas kaldu ayam
  • garam dan merica secukupnya
Bumbu :
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 batang daun bawang diiris-iris halus
  • 1 batang seledri diiris halus

Cara membuat Bakwan Surabaya

  1. Buat adonan daging (isi) : cincang daging sapi sampai halus bersama bawang merah, bawang putih, daun bawangh dan daun seledri. Beri garam dan merica secukupnya lalu aduk agar merata.
  2. Ambil selembar kulit pangsit, taruh 1/2 sendok makan adonan daging, isi di atasnya lalu bungkus dan rapatkan kulitnya ke atas. Lakukan hingga adonan daging dan kulit pangsit terpakai seluruhnya.
  3. Kemudian goreng bakwan dalam minyak panas yang cukup sampai matng dan kecoklatan.
  4. Rebus bakso sapi bersama kaldu ayam, beri garam dan merica secukupnya. Kemudian masukkan mi basah dan bakwan yang telah digoreng tadi.
  5. Hidangkan panas-panas dengan irisan daun bawang, seledri, dan taburkan bawang goreng serta sambal botol.









Semoga resep-resep dan info kuliner ini bisa membuat Anda dan keluarga semakin sehat dan berbahagia. Jangan lupa kunjungi www.berjutaresep.blogspot.com kembali untuk info resep dan kuliner terbaru.