Saturday, August 5, 2017

Resep Membuat Nagasari

Resep Kue Nagasari

Nagasari

Kue Nagasari merupakan salah satu kue favorit saya sejak masa kecil. Kue yang sering dibuat di rumah di akhir pekan ini terbuat dari tepung beras dan tepung kanji dengan potongan pisang di dalamnya. Kue bertekstur lembut dan manis ini memiliki rasa yang lezat dan menyenangkan.



Balutan daun pisang merupakan ciri khas yang tidak bisa dihilangkan pada kue ini, di jaman sekarang mungkin saja pembungkusnya dibuat dari bahan sintetis, tetapi nagasari yang sejati tentunya akan tetap menggunakan daun sebagai pembungkus tubuhnya.

Keberhasilan membuat nagasari ini ditentukan oleh cara pembuatnya mengolah tepung beras dan tepung kanji dan mencampurnya dengan santan. Kemudian cara melipatnya juga harus dipelajari dengan baik agar adonan yang di dalamnya tidak pecah. Meskipun penggambarannya agak terasa sulit, tetapi keseluruhan proses pembuatan sebenarnya cukup mudah dan menyenangkan. Silakan dipraktekkan resepnya di bawah ini :
Bahan :
  • 500 gram tepung beras
  • 100 gram tepung kanji
  • 1 butir kelapa untuk santan
  • 1 sendok gula pasir
  • pisang raja yang sudah tua secukupnya
  • daun pisang untuk bungkus secukupnya

Cara Membuat Nagasari :

  1. Pisang dipotong-potong, kira-kira 1 pisang dijadikan 4 potong.
  2. Campurlah kedua tepung tadi dengan santan yang sudah dihangatkan terlebih dahulu. lalu uleni sampai rata, lalu campurkan gula dan garam.
  3. Daun pisang digulung, taruhlah adonan dalam daun tadi.
  4. Tiap gulung diberi 1 potong pisang, kemudian lipat dan jangan sampai pecah.
  5. Kukuslah sampai matang, baru angkat dan hidangkan bila sudah dingin betul.





Semoga resep-resep dan info kuliner ini bisa membuat Anda dan keluarga semakin sehat dan berbahagia. Jangan lupa kunjungi www.berjutaresep.blogspot.com kembali untuk info resep dan kuliner terbaru.