Tuesday, November 7, 2017

Resep Masakan Siomai Ikan Wortel

resep siomai ikan wortel

Siomay Ikan Wortel

Siomay disebut juga siomai adalah makanan yang sangat dikenal di Indonesia. Hampir di setiap kota kita bisa menemui penjual siomai, baik yang berjualan dengan gerobak atau berupa warung atau restoran. Makanan yang terbuat dari bahan ikan ini tergolong dalam salah satu jenis dim sum. Dalam bahasa Mandari disebut denga shaomai dan dalam bahasa Kanton disebut dengan siu maai.



Sekilas bentuk siomai mirip dengan pangsit karena siomai adalah cincangan daging yang dibungkus dengan kulit pangsit. Kemudian ketika masuk Indonesia makanan ini mengalami penyesuaian tidak lagi berisi daging tetapi berisi ikan (tenggiri, kakap dll), udang, kepiting, dan juga ayam.

Siomay ikan wortel dalam resep ini dibuat dari bahan daging ikan kakap, Anda juga bisa menggantinya dengan daging udang, atau ayam sesuai selera. Dan tambahan irisan wortel didalam siomay memberikan cita rasa yang baru pada masakan ini.

Siomay di Indonesia umumnya juga dimakan bersama dengan berbagai jenis sayuran alih-alih dimakan begitu saja seperti dim sum. Untuk siomai ikan wortel ini Anda juga menikmatinya seperti menikmati dim sum dan juga bisa menikmatinya seperti siomai yang umum terdapat di Indonesia, yaitu dicampur dengan sayuran seperti kol, pare danjuga bahan lain seperti tahu dan telur.

Pada resep ini penyajian yang disarankan adalah dengan saus tomat, tetapi jika Anda lebih suka mencampurnya dengan sayuran, sempatkan juga untuk membuat bumbu siomai yang biasanya digunakan pada masakan siomai. Selamat mencoba dan menikmati siomai ikan wortel ini.
Bahan :
  • 200 gram daging ikan kakap
  • 1 sendok makan tepung sagu
  • 1/2 siung bawang bombai iris halus
  • 75 gram wortel iris halus
  • 2 buah cabai merah besar, buang bijinya, iris halus
  • 2 sendok makan minyak makan
  • daun bawang secukupnya
  • garam dan lada secukupnya
  • kulit pangsit sebagai bungkus

Cara Memasak Siomay Ikan Wortel

  1. Blender daging ikan, campur dengan telur, tepung sagu, wortel, bumbu-bumbu, minyak, garam dan lada, aduk hingga tercampur rata.
  2. Ambil cetakan mangkuk kecil, masukkan kulit pangsit, isi dengan adonan ikan.
  3. Kukus hingga matang, angkat.
  4. Hidangkan dengan saus tomat.





Semoga resep-resep dan info kuliner ini bisa membuat Anda dan keluarga semakin sehat dan berbahagia. Jangan lupa kunjungi www.berjutaresep.blogspot.com kembali untuk info resep dan kuliner terbaru.